Cara Membuat Mesin Perontok Padi Manual dgn Mudah

Rabu, 25 April 2018

Cara Membuat Mesin Perontok Padi Manual dgn Mudah

Di jaman modern sekarang dengan majunya teknologi, orang semakin pintar dalam membuat barang atau sesuatu yang baru yang membantu pekerjaan setiap orang. Teknologi satu ini namanya adalah Mesin Perontok atau bahasa Inggrisnya Power Thresher, merupakan mesin atau alat penggerak yang digunakan oleh para petani untuk memisahkan atau merontokkan bulir-bulir padi (gabah) dari tangkainya / jerami. Jaman dulu, sebelum adanya teknologi seperti sekarang ketika ingin merontokkan padi para petani mengumpulkan gabah dari hasil panennya dan setelah itu dirontokkan bulir-bulir padi dengan cara memasukkan tumpukan tangkai padi ke dalam alat perontok yang sistem kerjanya seperti menggayuh sepeda karena mesin perontok padi tersebut digerakkan menggunakan pedal dan digayuh menggunakan kaki. Namanya aja mesin perontok padi manual. Semakin berkembangnya jaman, semakin canggihnya teknologi, dibuatlah sebual alat perontok padi yang sistem kerjanya menggunakan tenaga mesin diesel berbahan bakar bensin. Dulunya, prinsip kerja mesin perontok padi atau power threser ini dengan cara dipukul pada bagian tangkai padi (jerami) sehingga bulir-bulir gabah rontok / terlepas dari tangkainya.

mesin perontok padi manual
Mesin perontok padi manual

Namun, dengan berkembangnya teknologi yang semakin cepat tak menjadi penghalang bagi para petani yang masih menggunakan mesin perontok padi secara manual. Dahulu sebelum adanya mesin perontok padi modern, untuk merontokkan padi para petani memukul-mukulkan batang padi pada papan kayu. Cara ini sangat membutuhkan tenaga yang ekstra karena masih menggunakan tenaga manusia dan prosesnya cukup lama jika dibandingkan dengan mesin perontok padi modern. 

Kali ini, kita akan membahas mengenai prosedur pembuataan mesin perontok padi manual. Alat perontok padi manual ini dibuat dari kayu yang terbentuk silinder dan diberi banyaak paku. Silinder paku ini diberi AS dan dihubungkan dengan kayuh melalui rantai. Sistem kerja mesin perontok padi manual ini adalah ketika batang dikayuh, maka silinder yang tertancap banyak paku tersebut akan berputar, kemudian batang batang padi tersebut didekatkan ke silinder. Maka silinder berpaku akan bekerja seperti menyisir bulir bulir padi sehingga terpisah dengan batangnya. Adapun jenis jenis alat perontok padi yang manual, yaitu dengan menggunakan kayuh sepeda, ada juga yang merontokkan padi dengan menggunakan kayu atau drum dengan cara memukulkan padi yang masih bertangkai hingga padi tersebut rontok dari batangnya. Mudah bukan .. Cara Membuat Mesin Perontok Padi Manual?

Setelah berkembangnya jaman semakin cepat dan pesat, membuat cara perontok padi ini juga mulai ditinggalkan. Akhirnya, setelah mengalami berbagai perubahan dan modifikasi alat mesin perontok padi ini berhasil diperbaiki demi menghasilkan kinerja mesin yang lebih maksimal. Mesin perontok padi ini bekerja menggunakan tenaga diesel sehingga membuat kinerja para petani dalam menghasilkan gabah padi pada saat musim panen lebih efektif, efisien, dan praktis. Saat ini, sudah banyak mesin perontok padi yang sudah ada dipasaran dengan jenis yang berbeda dan modifikasi yang berbeda-beda yang dibuat berdasarkan pihak pabrik itu sendiri. Nah, itu tadi prosedur pembuatan mesin perontok padi manual. Semoga bermanfaat ! ! ! .

Tidak ada komentar: